Kamis, 06 Oktober 2016

Perlunya Etika di tempat kerja!!!

6 Oktober 2016

Hi blogger , minggu yang ada plus minusnya, dapat jalan promosi keluar kota, tinggal di hotel bintang 3 dan makan makan  SEMUA GRATIS!!! Tapi suara abis, sakit tenggorakan (baru hari kedua, masih ada 2 hari lagi jalan promosinya),  tidak ikut kelas (4 mata kuliah), tugas masih banyak yang belum selesai.(kok tiba-tiba merasa Stress lebih banyak dari FUNnya) (LOL.......)

APA ITU ETIKA ???

Anda bisa cari di google bahwa Etika itu (Bahasa Yunani Kuno : "ethikos", dengan arti "timbul dari kebiasaan") adalah sebuah sesuatu dimana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral dan mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk dan tanggung jawab.

Contoh Etika Batuk yang benar dan salah :
APA PULA DENGAN ETIKA KERJA ???

Etika kerja adalah sistem nilai atau norma yang digunakan oleh seluruh karyawan perusahaan, termasuk pimpinannya dalam pelaksanaan kerja sehari-hari.

"Etika membuat karyawan patuh pada aspek hokum dan moralitas, sehingga timbullah integritas yang kuat di tempat kerja." - Djajendra.

STANDAR untuk sukses dalam karir, anda harus memiliki ketrampilan kerja yang kuat dan etika kerja yang baik.

10 ETIKA KERJA DAN STANDAR KINERJA
  1. KEHADIRAN
  • Hadirlah tepat waktu / tidak terlambat
  • Jika tidak bisa hadir / terlambat melaporlah kepada atasan sebelumnya
  • Siap jika diberi pekerjaan
  • Jika diberikan pekerjaan, mulailah bekerja dan selesaikan tepat waktu
     2.  KARAKTER
  • Menampilkan tingkat tinggi upaya dan komitmen untuk melakukan dan menyelesaikan pekerjaan
  • Menunjukkan kepercayaan dan perilaku yang bertanggung jawab
  • Menampilkan loyalitas, kejujuran, inisiatif dan displin
     3. KERJA TIM
  • Mendorong dan memfasilitas kerjasama, kebanggaan, kepercayaan, dan identitas kelompok
  • Menghormati hak setiap orang
  • Komitmen dalam kerja tim
      4. PENAMPILAN
  • Rapi dan bersih
  • Pakaian yang tepat
     5, SIKAP
  • Sikap positif
  • Percaya diri
  • Kesediaan bekerja dan menerima kritik
  • Memiliki harapan realistis diri
     6. PRODUKTIFITAS
  • Mengikuti prosedur
  • Mengamati kebijakan yang ditetapkan dalam keselamatan
  • Memelihara peralatan dan perlengkapan
  • Menjaga area kerja rapi dan bersih
  • Menghemat bahan
    7. KEMAMPUAN ORGANISASI
  • Memprioritaskan dan mengelola waktu dan stress secara efektif
  • Menunjukkan fleksibilitas dalam beradaptasi dengan perubahan
  • Teknik manajemen waktu - meminta bantuan
  • Teknik mengatur jadwal - prepare sebelum kegiatan
    8. KOMUNIKASI
  • Berkomunikasi dengan informasi yang akurat kepada orang lain secara professional dan sopan
  • Menampilkan keterampilan non verbal (kontak mata, Bahasa tubuh) dan oral (mendengarkan, etikat telepon, tata Bahasa)
  • Dengarkan dengan penuh perhatian kepada orang lain
  • Etiket yang baik
    9. KERJASAMA
  • Menyampaikan keinginan untuk membantu orang lain
  • Bekerja untuk menyelesaikan konflik dan untuk mengidentifikasi solusi dimana semua pihak mendapatkan keuntungan
  • Menunjukkan perhatian
  • Menjaga hubungan yang baik
  • Menunjukkan kemampuan pemecahan masalah
  10. MENGHORMATI
  • Perlakukan instruktur, staf dan sesame siswa dengan hormat, sopan santun, dan bijaksanaan
  • Jangan melakukan pelecehan apapun
  • Mengetahui definisi hokum dari pelecehan seksual
  • Kesepakatan tepat dengan keragaman budaya / ras


Mungkin cukup sampai sini artikel kali ini , bila ada saran dan kritik bisa dikomen dibawah ini, terimakasih dan sampai jumpa kembali lagi

1 komentar: