Kamis, 03 November 2016

KOMUNIKASI



Hi bloggers lama tak berjumpa, kali ini saya akan membahas tentang KOMUNIKASI.

Komunikasi adalah pertukaran perasaan, ide dan informasi baik dengan berbicara, menulis, tanda-tanda atau tingkah laku.

Menurut Merriam Webster Dictionary, Komunikasi adalah

-          Menyampaikan pengetahuan atau informasi

-          Mengungkapkan dengan tanda-tanda yang jelas

-          Mengirimkan informasi, pikiran, atau perasaan sehingga memuaskan

-          Membuka satu sama lain

Berkomunikasi Efektif berarti bahwa komunikator dan komunikan sama sama memiliki pengertian yang sama tentang suatu pesan.

Komunikasi efektif adalah komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang terlibat dalam komunikasi.

Komunikasi efektif adalah saling bertukar informasi, ide, kepercayaan, perasaan dan sikap antara dua orang atau kelompok yang hasilnya sesuai dengan harapan.

Pentingnya komunikasi dalam pelayanan adalah untuk menggali atau mengetahui kebutuhan orang lain.

 Komponen-komponen komunikasi terdiri dari :

-          Komunikator yaitu orang menyampaikan informasi, ide, pengetahaun, perasaan kepada komunikan

-          Pesan yaitu isi informasi, ide, pengetahuan, perasaan yang mau disampaikan

-          Media yaitu alat yang digunakan oleh komunikator untuk menyampaikan isi pesan kepada komunikan

-          Komunikan yaitu orang yang menerima pesan dari komunikator

-          Efek yaitu perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan dan dilakukan oleh komunikan sebelum dan sesudah menerima pesan dan komunikator

-          Umpan balik (reaksi) yaitu salah satu bentuk reaksi yang berasal dari komunikan ketika menerima pesan dari komunikator.

Contoh : komunikasi dalam pemanduan
-          Komunikator = pemandu
-          Pesan = informasi atau pengetahuan tempat yang dikunjungi
-          Media = gelombang suara – mic
-          Komunikan = wisatawan
-          Efek = bertambah pengetahuan
-          Umpan balik = tanya jawab, penilaian, besar kecil tip yang diberikan.

Jenis komunikasi terdiri dari :

1.       Komunikasi verbal adalah bentuk komunikasi yang disampaikan komunikator kepada komunikan dengan cara tertulis atau lisan.

2.       Komunikasi non verbal adalah proses komunikasi di mana pesan disampaikan tidak menggunakan kata-kata melainkan dengan menggunakan gerak isyarat, Bahasa tubuh, ekspresi wajah dan kontak mata, penggunaan objek seperti pakaian, potongan rambut, dll, simbol-simbol, serta cara berbicara seperti intonasi, penekanan, kualitas suara, gaya emosi dan gaya berbicara.

80% komunikasi dikuasai secara non verbal.

Contoh : seseorang menguap – isi pesan yang disampaikan berkemungkinan ngantuk dan bosan.

Hambatan-hambatan komunikasi
1.       Modalitas – kejelasan
Penggunaan kata-kata yang susah dimengerti atau penyampaian yang kurang jelas

2.       Lingkungan – noise - ekologis
Gangguan yang disebabkan kondisi lingkungan fisik.

3.       Verbal – non verbal - biogenetis
Gangguan yang disebabkan oleh pengaruh panca indra, faktor naluri, dan system saraf.

4.       Teknis – media
Gangguan yang terjadi pada media yang dipakai

5.       Semantic
Gangguan yang terjadi pada faktor Bahasa, pengertian arti yang beda dalam satu Bahasa.

6.       Sosiologis
Gangguan yang ditimbulkan lingkungan social.

7.       Antropologis
Gangguan yang timbul karena faktor budaya

8.       Psikologis
Gangguan yang bersifat kejiwaan yang cenderung negative

Sekian artikel kali ini, mohon maaf jika ada kesalahan, silakan diberikan saran atau kritik dan terimakasih.

2 komentar: